Black Screen with Movable Pointer after Logging In on Windows 8

Judul postingan kali ini cukup panjang, namun memang kalimat itulah yang terus menerus saya ketik selama tiga hari terakhir di mesin pencari untuk memecahkan permasalahan yang tiba-tiba muncul di notebook Windows 8 saya, satu per satu artikel dan diskusi forum saya telaah untuk mencari solusi atas pemasalahan ini, namun tidak satupun yang berhasil.

microsoft-windows-8-logo

Permasalahan ini terjadi begitu saja tanpa bisa saya ketahui penyebab pastinya. Tepat tiga hari yang lalu saya iseng-iseng membuka aplikasi MS Office InfoPath dan kemudian muncul jendela recovery, setelah proses recovery selesai, kemudian Windows meminta untuk restart, tanpa mencurigakan prosesnya berjalan sebagaimana biasa, namun tidak disangka setelah saya log in dengan mengetikkan username dan password sebagaimana biasa, yang saya temukan hanya layar hitam. Dengan sabar saya menunggu apa mungkin ada sistem yang sedang berlangsung di balik layar hitam tersebut, tapi setelah 15 menit kesabaran saya berakhir dan kemudian saya mematikan dengan paksa lewat tombol power (ini tidak disarankan) dan menyalakan kembali, namun yang saya temukan tetap sama, layar hitam dengan pointer yang aktif bisa digerakkan kemana-mana.

Langkah pertama yang saya coba adalah memencet Windows + D, berharap yang bermasalah hanya Start Screen dan bisa langsung masuk ke desktop, namun tidak juga berhasil. Kemudian saya memencet Alt + Ctrl + Del dan berhasil membuka Task Manager, lalu saya coba membuka jendela Explolrer dengan mengetikkan explorer.exe di New Task, namun tidak berhasil. Kemudian saya coba membuka internet explorer dan mengetikkan iexplore.exe di new task dan berhasil membuka IE. Ini memberi kesempatan pada saya untuk mencari solusi permasalahan ini di dunia maya, dan ternyata kejadian serupa banyak dialami pengguna Windows 8 di seluruh dunia, bahkan sejak versi Windows sebelumnya. Berikut saya rangkum berbagai cara yang digunakan untuk menyelesaikan permasalahan yang ditemui :

  1. Masuk dengan Safe Mode ke Windows melalui cara membuka Task Manager > New Task > ketikkan “msconfig” > pilih tab Boot > ceklis Safe Boot > OK > dan Restart, begitu masuk ke Safe Mode, anda dapat membuka menu Charm di samping kanan dan membuka Change PC Setting > General > Advanced Recovery Option > TroubleShoot > Automatic Repair
  2. Memperbarui driver grafis anda. Karena dalam Safe Mode koneksi internet tidak jalan, maka saya masuk kembali dengan Normal Mode, kemudian mambuka Task Manager > New Task > ketik devmgmt.msc > OK dan setelah jendela Device Manager terbuka anda dapat mengupdate secara otomatis driver grafis tersebut.
  3. Dengan mencopot baterai secara tiba-tiba dan kemudian menyalakan kembali.
  4. Menjalankan System FIle Checker melalui command prompt dengan membuka Task Manager > New Task > ketik cmd > OK begitu jendela command prompt terbuka, ketik (tanpa tanda petik) “sfc scannow”
  5. Dengan mendownload HotFix yang dirilis oleh Microsoft dan menginstallnya di PC. (download hotfix di sini)
  6. Dengan menghapus aplikasi terinstall yang mencurigakan menjadi penyebab masalah tersebut melalui Task Manager > New Task > ketik control appwiz.cpl > OK
  7. pilihan terakhir dan sedapat mungkin dihindari adalah dengan menginstall ulang Windows 8 anda (Refresh atau Reset).

Semua cara di atas (kecuali nomor 7) sudah saya coba dan nyatanya tetap saja masalah layar hitam ini membandel. saya sudah putus asa, kemudian saya putuskan untuk me Refresh (soft reset) WIndows 8 saya dengan resiko semua desktop app saya dihapus permanen, termasuk Office 2013 yang baru kemarin saya install, hiks Wajah menangis 

Untuk melakukan refresh, Windows meminta ruang di drive C: sebanyak lebih kurang 40 GB, jadilah saya mulai menghapus satu per satu aplikasi yang telah terinstall untuk mengurangi beban di C:\ termasuk salah satunya adalah aplikasi Pokki. Kemudian ditengah proses uninstall aplikasi-aplikasi tersebut saya ingat kalau saya belum mengutak-atik BIOS, membuka UEFI (BIOS versi WIndows 8) saya membuka command prompt dan mengetikkan (tanpa tanda kutip) : “shutdown.exe /r /o” kemudian kita akan dibawa ke Menu WIndows Boot Manager > Trouble Shoot > Advanced Option > Windows Startup Settings > Restart, lalu ketika booting saya coba untuk membuka settingan BIOS cara lama dengan memencet Del pada saat booting, dengan kemampuan yang awam, saya lalu mengubah settingan UEFI Booting yang sebelumnya disabled menjadi enabled. lalu Save & Exit, setelah itu saya diberikan menu Windows Startup Setting dan diberikan beberapa pilihan, lagi, dengan kemampuan yang awam say amemilih Enable Boot Logging.

Ternyata……Alhamdulillah ! Start Screen kembali seperti sediakala ! saya girang bukan main mengingat sudah dibuat stress karena permasalahan ini selama tiga hari. Tapi, memang saya tidak bisa memastikan hal mana yang membuat saya berhasil mengembalikan Start Screen ini, apakah karena Uninstall aplikasi Pokki, mengubah settingan BIOS tradisional, atau mengubah Boot Logging. Semuanya saya tempuh tanpa kemampuan apa-apa soal komputer, mudah2an ini bukan kebetulan, dan jika ada yang menemui permasalahan yang serupa, bisa mencoba-coba apa yang telah saya lakukan, karena saya tau, menghadapi permasalahan seperti ini, it’s really such pain in the ass ! LOL Senyum dengan lidah terjulur 

PS : Sekali lagi, saya bukan ahli TI, jadi mohon dimaafkan jika ada kesalahan bahasa atau istilah

Iklan

2 thoughts on “Black Screen with Movable Pointer after Logging In on Windows 8

  1. Thanks, I have recently been searching for information about this subject for a while and yours is the best I’ve came upon so far. But, what about the conclusion? Are you sure concerning the source?

    Balas
  2. mslh yg gk ada solusi nya. gw kalau instal windows8 pasti blankscreen. sdh direpair sembuh. sejam kmdian blank lg.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s