Kembali ber-Tumblr

Rasanya sudah lama saya tidak menyentuh Tumblr. terakhir yang saya lakukan adalah log in, setting ini itu, milih tema, dan mendaftarkan feed dari situs-situs favorit, video langganan, dan postingan twitter agar muncul otomatis di blog mikro ini.

Dan setelah itu, saya tinggalkan.

Jadilah Tumblr ini menjadi semacam papan pengumuman dari feed rss yang tadi saya sebutkan. Sama sekali tidak menarik jadinya. Dan, sama sekali tidak membuat saya berkreasi untuk memberikan postingan-postingan baru. Ah, lagu lama.

Tumblr pada ide awalnya adalah ingin membunuh kesan blog yang terlalu ribet, seius, dan tidak menarik. Dari ide itu lahirlah konsep microblogging, dan salah satu pemain yang hadir adalah Tumblr.

Sejarah Tumblr

Pada tahun 2007, seorang pengusaha internet muda yang bernama David Karp telah menciptakan Tumblr. Beliau menciptakan tumblr di Jepang pada saat beliau berumur 19 tahun. kemudian setelah David Karp menciptakan tumblr tersebut, beliau juga menemukan sebuah kata baru yang akan digunakan pada layanan tumblr yaitu "Tumblelog". Tumblelog memiliki arti yaitu bentuk pendek dari blogging atau mengarah ke dalam bentuk miniblog. Pada tumblelog, layanan ini hanya dapat mengirimkan satu kalimat pendek saja, berbeda dengan blog-blog yang ada. David Karp kagum dengan bentuk baru blogging ini, kemudian beliau berkata, ia akan menunggu untuk salah satu platform blog yang sudah siap agar para pengguna dapat mengatur sebuah platform. Tetapi, setelah satu tahun lamanya hal tersebut tidak terjadi juga. kemudian David karp sendirilah yang akhirnya turun tangan untuk menyelesaikan platform blog tersebut. Inkarnasi saat Tumblr diluncurkan pada tanggal 1 November dan versi beta telah diluncurkan beberapa bulan sebelumnya.

Dengan sifat khasnya, maka saya akan menjadikan Tumblr benar-benar blog pendamping saya, sebuah equal blog dengan blog ini. Jika blog ini barangkali akan lebih saya fokuskan pada kajian dan artikel ilmiah, maka Tumblr akan hadir sebagai penyegar dan memuat topik-topik yang lebih variatif.

Dan, sebagaimana doa-doa saya terdahulu ketika akan memulai sebuah blog : Semoga ini bisa langgeng. Amin.

http://akhpan.tumblr.com

Source : id.wikipedia.org

3 thoughts on “Kembali ber-Tumblr

Tinggalkan Balasan

