Akhir? Siapa sih…

“Namanya siapa?”

“Akhir”

“Akhir? gitu doang?”

“Akhiruddin, panggilannya Akhir”

“Oh…”

Hahahah, buat sebagian orang, memang nama Akhiruddin agak janggal…

dsc03693Pertama, nama ini terdengar begiiitu classic, alias jadul dan terdengar kuno. wah wah wah… saya ga tau juga tuh kenapa atau inspirasi apa yang membuat ortu jadi kepikiran ngasih nama anak bontotnya demikian. sampai sekarang saya gak pernah nanyain ortu kenapa saya dikasih nama Akhiruddin. takut ortu kesinggung. ya iyalah boss, yang namanya nama itu adalah  doa. doa dari orang tua ke anak yang baru lahir. trus, jika saya protes kenapa dibikin nama begini dengan alasan cuma karena alasan kejadulannya — mungkin ortu akan sedih , kenapaa saya harus berpikiran kekanakan? hahahaaa… 🙂

Kedua, ini saya ketahui waktu dulu saya masih tekun mengaji di Mesjid komplek… waktu itu guru ngaji nya nanyain nama santri satu persatu…kemudian dia mengartikannya sehingga si anak tahu apa doa dari orang tua terhadap anaknya… wah, wah,…. ada teman saya Zaki.. artinya cerdas, jadi orang tuanya berharap kelak si Zaki jadi anak yang cerdas., terus ada yang bernama Annisa, jadi orang tuanya berharap nantinya si Annisa jadi wanita — eh, maksudnya jadi wanita tulen yang sholehah dan istiqomah… dan kemudian, pada giliran saya… 

Saya masih ingat kata-kata beliau…

“namanya?”

“Akhiruddin, Pak”

sebentar Pak Ustadz ini agak terdiam

“kenapa Pak?”

“wah, nama kamu bagus sekali. kamu tahu tidak kalau nama kamu itu artinya ‘Agama yang terakhir’, yaitu Islam. artinya orang tua kamu mengharapkan setiap tingkah laku kamu benar-benar mencerminkan agama yang lurus ini… jadi setiap orang melihat kamu, ianya akan langsung dapat gambaran bagaimana Islam itu sebenarnya…”

Waaaahhh… 

Jadi saudara-saudara… insya Allah sampai sekarang saya belum berniat untuk menukar nama saya kendati kadang ada yang nyentil macem-macem….

ya sutralah, yang penting saya amat menghargai apa yang orang tua saya berikan buat saya — termasuk doa ini. karena doa yang tercantum pada nama ini akan saya bawa hingga akhir hayat kelak… dan apa yang bisa saya lakukan? yang bisa saya lakukan adalah berusaha untuk mewujudkan doa mereka…. Amin…!!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s